Minggu, 30 Agustus 2009

Siklus jasa penerbangan luar negeri di bandara soekarno-hatta

1. Calon Penumpang Meminta Jadwal Penerbangan
Calon penumpang akan dengan mudah mendapatkan jadwal penerbangan dengan cara menggunakan buku pedoman penerbangan dari maskapai penerbangan ataupun OAG.
2. Membeli tiket
Pembelian atau pemesanan tiket dapat dilakukan di bandara soekarno-hatta ataupun tidak. Untuk tanggal, waktu, dan jenis pesawat disesuaikan dengan inginan calon penumpang.
3. Tiba di Bandara Keberangkatan
Calon penumpang yang akan melakukan penerbangan ke luar negeri dari bandara soekarno-hatta paling tidak sudah tiba 2 - 2,5 jam sebelum jam keberangkatan. Biasanya untuk penerbangan luar negeri yaitu melalui Teminal II D atau Terminal II E pada lantai 2 terminal II.
4. Security check
Sebelum masuk ke dalam tempat dimana penumpang akan melakukan check in, penumpang akan melalui petugas bandara soekarno-hatta yang akan memeriksa apakah ada barang yang dilarang di bawa masuk. Barang bawaan akan melewati alat pemeriksa yang apabila ada barang yang dilarang tidak akan diperbolehkan masuk, barang yang dilarang akan terlihat oleh petugas yang telah melakukan diklat dahulu sesuai dengan kode yang hanya diketahui oleh petugas jaga tersebut. Dan penumpang akan melalui gate detector yang akan berbunyi apabila penumpang membawa barang yang mengandung metal apabila gate detector tersebut berbunyi maka penumpang akan diperiksa oleh petugas yang ada.
5. Check in dan Penyerahan Bagasi
Setelah penumpang melewati security check dapat dating langsung ke counter check in untuk menyerahkan bagasi sesuai dengan ketentuan yang ada di bandara soekarno-hatta dan melakukan check in.
6. Menerima pas naik
Selanjutnya penumpang akan menerima boarding pass yang merupakan tiket yang digunakan untuk masuk ke dalam pesawat.
7. Check fiscal
Penumpang akan melakukan check fiscal sebelum masuk ke dalam ruang tunggu bandara soekarno-hatta.
8. Immigration check
Sebelum masuk ke ruang tunggu para penumpang juga akan melakukan immigration check.setelah itu dapat memasuki ruang tunggu yang disediakan sesuai dengan tujuan keberangkatan.
9. Naik ke pesawat
Setelah masuk ke ruang tunggu, calon penumpang dapat menuju pesawat apabila sudah mendekati waktu keberangkatan dengan menunjukan boarding pass.Di bandara soekarno-hatta tersedia garbarata yang menghubungkan ruang tunggu dengan pesawat.
10. Pelayanan Selama Penerbangan
Penumpang duduk sesuai dengan nomor kursi yang tertera pada boarding pass.
11. Turun dari pesawat
Ketika melakukan pendaratan penumpang diwajibkan menggunakan seat belt. Dan akan masuk ke terminal II D atau II E pada lantai satu terminal II. Biasanya di bandara soekarno-hatta penumpang akan keluar melalui garbarata atau dijemput oleh bus.
12. Membayar visa kedatangan
13. Immigration check
Sebelum mengambil bagasi peumpang melakukan pemeriksaan imigrasi dan membayar visa kedatangan.
14. Menerima bagasi
Penumpang dapat mengambil bagasi di tempat yang telah disediakan yang disebut conveyor belt yang disesuaikan dengan penerbangan yang digunakan penumpang.
15. Meninggalkan bandara
Setelah mengambil bagasi para penumpang dapat meninggalkan bandara soekarno-hatta dengan memeriksa barang bawaan sebelumnya

Tidak ada komentar: